Selasa, 14 Januari 2014

Manga Characters

Buku ini menampilkan lebih dari 300 karakter tipikal manga. Ada 478 model karakter manga termasuk kategori 'adult'. Semuanya mewakili empat genre utama manga yaitu shonen, shojo, kodomo, dan seinen dan disusun berdasarkan sistem pembagian tradisional manga, mengacu kepada target pembaca, umur, dan gender.

Tantangan terbesar dalam penyusunan buku ini adalah memilih 'coolest' character dari manga. Disebutkan dalam pengantar bahwa 'if manga has something, it is that every single one of its characters are the epitome of cool. 

Teks dalam buku ini disajikan dalam empat bahasa, quartilingual, Inggris, Jerman, Belanda, dan Prancis. Ini membuktikan bahwa manga telah menjadi komoditi global. Manga memiliki bahasa yang sama di seluruh penjuru dunia. Lebih jauh, menarik untuk membahas pengaruh manga terhadap komikus Eropa dan mengambil kesimpulan mengenai perkembangan manga khususnya di Eropa.

Kumpulan manga ini disajikan sebagai figur yang utuh. Tidak ada lagi penjelasan how to create atau how to draw. Untuk beberapa karakter disertai detail gambar pada bagian-bagian tertentu yang lebih membutuhkan perhatian khusus dan detail. Teknik pewarnaan (coloring) pun melekat pada sosok figur. Memang sepertinya buku ini dibuat sebagai referensi untuk mangaka tingkat intermediate atau satu tingkat diatas level basic/dasar. Namun, tetap tidak menutup kemungkinan untuk jadi panduan mangaka level pemula.



Catatan Personal

Saya bertemu buku ini di Comic Section Kinokuniya Suria KLCC Kuala Lumpur. Saya sengaja ingin melengkapi koleksi referensi soal manga karena sebelumnya saya sudah punya buku serupa mengenai teknik menggambar manga yang saya dapat di Periplus book sale. Andai saja saya bertemu buku ini lebih awal tentu akan jadi referensi tambahan yang sangat berarti untuk skripsi saya yang bertema komik.

Personally, buku ini memang ditujukan bagi mangaka tingkat terampil yang sudah tidak direpotkan lagi dengan urusan menggambar dasar manga. Satu catatan khusus adalah mengenai penerbitan buku ini. Disebutkan bahwa penerbitnya berasal dari Belgia. Lalu, editorial projectnya dihandle Maomao Publications yang bermarkas di Barcelona, Spanyol. Ditambah, empat bahasa pengantar dalam teks.

Sudah saya sebut diatas bahwa menarik untuk mengetahui riwayat perkembangan manga di Eropa. Hal ini membuktikan bahwa karakter manga sudah diterima oleh komikus di Eropa. Maka dari itu, layaklah kiranya untuk tahu bagaimana bentuk karakter manga yang telah diadaptasi ke dalam bentuk gaya komik Eropa.

Overall, buku ini menampilkan bentuk visual dan panduan komprehensif dari keempat genre manga kontemporer. Tidak salah bila buku ini menempatkan dirinya sebagai sumber inspirasi untuk mangaka ataupun seniman komik lainnya.

Judul         : Manga Characters | Personnages De Manga | Manga Figuren | Mangafiguren
Penulis       : Ikari Studio
Penerbit    : booQs Publishers bvba, Belgia
Tahun        : 2009
Tebal         : 479 hal.
Genre        : Komik


Paninggilan, 14 Januari 2014.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...