Selasa, 30 Agustus 2016

Kelakar #TanpaBatas

"Saya nggak ada masalah sama alay. Tapi, mereka itu ateis, nggak percaya sama Tuhan... Mereka percayanya sama: 7uh4N."

Melirik statement dari judul, buku semi-biografi milik Sammy @notaslimboy ini agaknya sengaja memprovokasi pembaca. Provokasi semacam ini tentunya sudah sangat lumrah bagi pembaca awam: untuk menaikan oplah atau supaya buku jadi best seller dan dicetak ulang berkali-kali. Namun, dalam bukunya ini Sammy tidak menempatkan dirinya ke arah itu. Sammy Si Anak Kolong ini memprovokasi pikiran pembaca supaya benar-benar tanpa batas, dalam memahami konteks stand-up comedy dalam arti luas.

Courtesy: www.goodreads.com

Sammy tidak hanya menulis hal-hal tentang dirinya saja. ia menulis juga keresahan-keresahannya di jagad perstand-upcomedy-an. Sammy membagi tiga cerita besar. Pertama, mengenai Curhat Sosial. Sebuah otokritik tentang sebuah sistem sosial kemasyarakatan yang sangat lekat dengan keseharian kita. Kedua, Politik Menggelitik. Sammy secara gamblang dan tanpa batas melontarkan ocehannya yang      IMHO menampar para politisi di ujung sana. 

Terakhir, Sammy bicara soal Komedi. Sammy bercerita beberapa detail kehidupannya setelah menjadi Comic, yang kini menjadi banyak dikenal orang. Sammy juga menceritakan pengalamannya selama merancang dan mengeksekusi show tunggal pertamanya. Event itu diberi judul sama, #TanpaBatas. 

Anyway, saya menikmati betul buku ini. Tulisan Sammy membuat saya betah dan tidak bosan untuk terus mengulang pembacaan. Saya sendiri merasa seperti sedang membaca script yang ditampilkan Sammy di panggung. Sesekali nyengir sendirian sambil membaca celoteh Sammy memang bisa jadi sebuah rekreasi, demi menghilangkan kejenuhan khas pekerja ibukota. 

Dengan demikian, #TanpaBatas memang harus dimaknai dengan cara yang tidak terlalu serius namun harus dipahami secara serius bahwa ini semua hanyalah sebuah kelakar. Kelakar yang tanpa batas.

Judul        : Kelakar #TanpaBatas: Cuap-cuap Menggelitik Seorang Comic
Penulis     : Sammy @notaslimboy
Penerbit    : Penerbit GagasMedia
Tahun       : 2013
Tebal        : 176 hal.
Genre       : Komedi

Cipayung, 21 Agustus 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...