Jumat, 30 September 2011

Potret Bangsa 1967-2007



40 Tahun Oom Pasikom: 
Peristiwa dalam Kartun Tahun 1967-2007  


Membaca kembali berbagai catatan peristiwa tentang sejarah bangsa rupanya sudah biasa. Sejarah yang tertuang dalam bentuk teks hanya menghasilkan generasi yang mulai melupakan akar sejarah bangsa sendiri. Namun, bagaimana bila episode yang terlewati itu dituangkan dan diekspresikan melalui bentuk gambar kartun yang biasa kita baca sehari-hari di media cetak? Rasanya tentu akan lebih mengena dan kontekstual serta memudahkan pembaca yang awam akan suatu peristiwa tertentu.

Walaupun tidak semua peristiwa dapat disajikan setidaknya ada beberapa peristiwa dan polemik tentang kehidupan berbangsa dan bernegara yang dirangkum menjadi sebuah komposisi mengagumkan. Kumpulan gambar yang banyak berbicara dari sudut pandang kaum marjinal (baca: rakyat biasa) menjadi suatu "corong" kritik pada masanya.

Rasanya kita semua perlu tahu bahwa pada tahun 70-an Indonesia melalui Pemerintahnya sudah mulai sadar akan adanya praktek korupsi dari aparat negara yang berkolusi dengan pengusaha. Terbukti dengan dibentuknya TPK (Tim Pemberantas Korupsi. Mungkin entitas inilah yang mengilhami lahirnya KPK. Selain itu, sejalan dengan timeline dimunculkan pula rentetan peristiwa-peristiwa lainnya yang mengiringi Repelita, Pelita, Runtuhnya Orde Baru, hingga Orde Pasca-Reformasi (2007).

Banyak kejadian dan peristiwa lain yang terjadi sepanjang kurun waktu 40 tahun tersebut. Kehadiran buku ini tentu jadi penanda zaman. Sebagai dokumentasi perjalanan sejarah bangsa dimana kita diwajibkan untuk mengambil nilai-nilai positif darinya. Buku ini seakan menjadi kaleidoskop yang merangkum itu semua dengan cara yang tentu saja sangat menghibur.

Judul : 40 Tahun Oom Pasikom: Peristiwa dalam Kartun Tahun 1967-2007
Penulis : GM Sudharta
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
Tahun : 2007
Tebal : 296 hal.
Genre : Kartun


Paninggilan, 30 September 2011.


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...