Kamis, 27 Oktober 2011

Orang-orang Bloomington


Catatan Seorang Kolumnis Dadakan 
Kumpulan cerpen ini banyak bercerita tentang mereka yang hidup keterasingan dan perasaan teralienasi dari lingkungan sekitarnya, sementara tokoh si aku menjadi tokoh yang sangat manusiawi. Kadang punya empati walau kebanyakan selalu bertingkah sebagai tokoh yang bermain melawan arus.

Detail adalah bagian penting dari suatu karya. Dalam kumpulan cerpen ini, pembaca tentu akan merasakan suatu pengalaman tentang detail cerita. Orang-orang Bloomington bisa saja dibuat sebagai kumpulan cerpen singkat. Namun, barangkali karena seorang maestro yang menulisnya maka pembaca tidak akan dibiarkan begitu saja. Pembaca harus mengalami dahulu detail baru akan memahami keseluruhan jalan cerita.

Saya tidak akan membahas cerpen-cerpen didalamnya satu persatu. Secara keseluruhan, semua cerpen terangkum dalam suatu dunia. Dunia yang dipenuhi prasangka dan diwarnai keterasingan dan perasaan teralienasi dari tokoh saya. Entah benar atau tidak, Budi Darma berhasil menggambarkan pengalaman-pengalaman itu ke dalam suatu cerita yang utuh dengan detail yang mengagumkan. Sehingga, karya monumental yang satu ini menjadi tonggak penting dalam sejarah percerpenan di Indonesia.


Medan Merdeka Barat, 27 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...