Sabtu, 20 April 2013

#StoryofaSong #3: Keinginan

Back to 90's, mengenang lagu ini sama juga dengan mengembalikan ingatan saya pada waktu masih SD. Betapa lagu ini menjadi satu lagu favorit yang selalu saya nantikan video klipnya. Maklum, dulu belum ada MP3 Player dan youtube, jadi saya hanya bisa menikmati lagu ini lewat video klip yang sering tayang untuk mengisi jeda waktu peralihan acara TV. Saya juga belum jadi pendengar setia radio sehingga tidak pernah tahu apakah lagu ini sempat booming juga di radio. Yang pasti, Sophia Latjuba dengan rambut pendeknya tampil mengagumkan waktu itu.

Lagu ini masih tetap jadi favorit sampai youtube dan free MP3 sites muncul saat ini. Saya menemukan file MP3 lagu ini di komputer seorang teman kuliah. Ketika mendengarnya kembali muncul suatu perasaan yang ajaib galaunya. Mungkin kali ini saya memang lebih mengerti liriknya dibandingkan waktu SD dulu. Dulu, saya hanya menyukai kompoisisi musiknya saja dan tidak begitu mengerti liriknya.


Setelah menikmati kembali, saya coba untuk menangkap kegalauan dan keresahan dalam lagu ini. Saya pun sempat terhenti menjelang bagian akhir lagu ini.

Terbang tinggi
Kuingin selalu terbang tinggi
Jauh tinggi
Akan ku bawa terbang tinggi

Ada perasaan ajaib yang muncul. Suatu perasaan akan kebebasan yang masih terkekang oleh jenuh situasi dan keadaan. Ada kalanya, kebebasan yang kita inginkan dan selalu didambakan berawal dari perasaan terkekang, yang tentu saja menghalangi ruang gerak individu yang pada dasarnya adalah dinamis. Saya rasa, keinginan untuk selalu terbang tinggi bukan hanya untuk bebas dari kejenuhan semata, tetapi juga adalah besarnya hasrat individu untuk meraih apa yang diinginkan.

Semakin ajaib galaunya, karena saya teringat lagi pada lirik dari Koes Plus dalam lagu Perasaan:

betapa tinggi elang akan terbang,
lebih jauh lagi tinggi lamunan,

Pun ketika Sherina menyanyi merdu:

flying high to the mountain high*



diedit kembali
Paninggilan, 20 April 2013.

*Sherina dalam lagu Better Than Love, album Sendiri (2007)


Keinginan

Tak kuasa kumenahan jenuh ini
Kian lama kian menyesak
Menyiksa dalam hampa
Seharusnya kau biarkan ku memilih
Agar tiada kendala antara kita
Yang menjadi penyesalan

Kuingin memahami segala
Yang menjadi beban di benakmu
Hilangkanlah prasangka
Seolah ku mengekang keinginan
Yang kau pendam

Mungkin sulit untuk dapat dimengerti
Ku seperti ingin selalu terbang tinggi
Jauh tinggi..
Cinta ini tak akan mungkin memudar
Kata hati tak akan mungkin berubah
Jadinya.. karenanya..

Kuingin mengikuti segala
Yang menjadi hasrat di hatimu
Hilangkanlah prasangka
Seolah ku mengekang keinginan yang kau pendam

Terbang tinggi
Kuingin selalu terbang tinggi
Jauh tinggi
Akan ku bawa terbang tinggi

(Vocal by Sophia Latjuba & Indra Lesmana, Lyric by Mira Lesmana, Video courtesy: youtube.com)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...