Senin, 28 Desember 2015

Practical Intuition

Intuisi adalah perangkat yang lebih "kuat" jika ia tidak hilang di antara komponen-komponen lainnya dalam proses pengambilan keputusan. (Hal. 98)



Awalnya, saya termasuk orang yang skeptis terhadap kemampuan intuitif. Namun, sejauh pengalaman ternyata ada banyak peristiwa yang merubah cara pandang saya terhadap intuisi. Saya pernah sangat menyesal atas keterlambatan saya dalam mengurus beasiswa dari salah satu BUMN padahal saya sudah mewanti-wanti diri sendiri agar melakukan beberapa hal antisipatif agar tidak kehilangan peluang beasiswa tersebut. Karena saya kemudian mengabaikan hal-hal tersebut maka saya pun kehilangan kesempatan. Sejak kejadian itu, saya mulai perlahan untuk melatih intuisi dengan bantuan buku ini. 

Kemampuan intuitif adalah kemampuan kualitatif seseorang untuk mensintesakan segenap kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman. Utamanya, kemampuan intuitif ini seringkali digunakan sebagai satu cara pengambilan keputusan. 

Menurut Laura Day, sang penulis sekaligus konsultan "Practical Intuition", intuisi dapat memberikan informasi yang tepat, terpercaya, dan berguna tentang apa saja bila dilatih dengan benar. Seringkali kita dihadapkan pada keadaan untuk mengambil sebuah tindakan atau keputusan dalam selubung ketidaktahuan. Laura Day, memberikan latihan-latihan untuk menajamkan intuisi demi menghadapi situasi yang demikian itu. 

Pendekatan Laura Day dalam buku ini dilakukan secara sistematis dan logis. Hal ini turut membantu pembaca tahap demi tahap penguasaan intuisi pribadi.  Laura Day menekankan bahwa intuisi bukanlah hal yang mistis. Intuisi adalah semacam latar kesadaran tentang bagaimana situasi bekerja dan merupakan fakta-fakta yang tersembunyi dalam otak. 

Sebagai testamen, Demi Moore turut menyumbangkan pengalamannya bersama Laura Day. Ia menjelaskan situasi dari beberapa peristiwa penting dalam hidupnya yang ia lalui bersama dengan Laura Day, dimana ia dihadapkan pada berbagai kemungkinan dari keputusan-keputusan yang diambilnya. Demi menyadari bahwa dengan bantuan yang benar, intuisinya telah tumbuh dan membantunya untuk jitu mengambil keputusan dan tindakan. 

Sekilas, saya merasakan atmosir yang sama antara buku ini dengan The Outliers karya Malcolm Gladwell. Hanya saja, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam menafsirkan sesuatu hal sebelum sampai pada keputusan. Agak heran rasanya bahwa di tengah persepsi skeptis masyarakat Barat mengenai 'sesuatu diluar sana' berkembang sebuah metode untuk menafsirkan bahkan menyimpulkan keadaan di masa datang. 

Laura Day mengajarkan pada kita bahwa intuisi adalah bakat alami yang bisa dilatih. Melalui berbagai latihan, ia mengajak pembaca untuk menjelajahi alam bawah sadar. Buku ini kemudian membungkusnya dengan ringkas dan sangat jelas agar kita mampu membuka kemampuan alami yang kita semua miliki. Laura Day memberikan suatu cara yang mudah untuk menajamkan intuisi dan menggunakannya dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

Judul       : Practical Intuition
Penulis     : Laura Day
Penerbit   : PT. Serambi Ilmu Semesta
Tahun      : 2006
Tebal        : 333 hal. 
Genre       : Pengembangan Diri


Bumi Asri, 28 Desember 2015. 

NB:
Diterjemahkan dari buku asli dengan judul "Practical Intuition: How to Harnes the Power of Your Instinct and Make It Work for You", Pocket Books, New York Times: 1997. 




Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...