Jumat, 29 April 2016

Hongli Gundam


Belum lama ini saya merakit Gundam kembali. Sebelumnya, saya sudah punya GAT-X105 Strike Gundam dan Exia Gundam skala 1/144, 2 model dari 4 seri model buatan Bandai. Namun, dengan artikulasi terbatas, kaki tidak dapat digerakkan atau dilipat.

Pilihan kali ini jatuh pada Kyrios Gundam buatan Hongli. Saya sendiri sudah penasaran dengan merk Hongli terutama karena faktor harga yang below Rp. 100.000 dan Made in China pula,-. Cukup murah untuk model kit Gundam walaupun harus mengorbankan kualitas. Maklum, buatan China.

Kesan pertama membuka boks Hongli, saya cukup terkesan dengan cara mereka meniru Bandai. Walaupun, saya akhirnya jadi tahu perbedaan besar antara keduanya. Sekali lagi mohon maklum. 

Material plastik rasanya terbuat dari plastik daur ulang. Terlihat jelas dari parts yang berwarna gelap. Fitur snap-on dan snap-fit terasa kurang meyakinkan. Diperlukan sedikit pekerjaan untuk membuat lubang agak besar. Decal dan stiker pun rasanya tidak menggunakan kertas khusus dan warna stiker pun terlihat terang mirip kertas warna terang berbahan kertas biasa. 

Hongli Kyrios Gundam 1/144 Scale Fighter Unpainted

Saya sengaja tidak menggunakan stiker dalam pengerjaan Kyrios Gundam ini. Buku petunjuk perakitan sudah cukup memuat detail pengerjaan. Hanya saja, petunjuk yang tercatat menggunakan bahasa China dan sedikit bahasa Inggris dengan banyak kesalahan tipografi. 

Overall, sebagai model kit yang masih setia meniru Bandai, Hongli mampu mengisi segmen low-cost modeling. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Hongli dapat menjadi alternatif pilihan belajar dan mengasah skill bagi para penghobi level entry atau pemula sebelum naik kelas ke model kit merk premium.

 
Cipayung, 25 April 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...