Rabu, 29 Juni 2016

HMCS Kingston MCDV Papercraft



Dari sekian paper model kapal laut, saya jatuh cinta dengan kapal bernomor lambung 700 ini. Sepertinya, model ini cocok sebagai Seacarrier untuk dua unit Ingram saya. HMCS Kingston ini terdiri dari 12 unit dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Kerajaan Canada. Proyek pembangunan kapal ini sendiri dinamai Maritime Coastal Defence Vessel (MCDV) Project. Misi utama kapal kelas Kingston ini adalah surveillance area pantai dan training. 


Ada dua versi model dari unduhan MCDV ini. Simple version adalah versi model yang paling mudah dirakit dan minim aksesoris tambahan. Satu model lagi adalah complex version dengan aksesoris yang menyerupai aslinya. Seperti tiang-tiang menara, gun turrette, dan crane. Saya sendiri lebih memilih versi simple karena lebih mudah dirakit. Selain itu, aksesoris tambahan bisa dibuat belakangan.



Saya kembali menggunakan material kertas karton eks amplop UPS. Saya menghabiskan 4 lembar karton untuk bagian model kapal, ditambah satu lembar halaman pengantar bagian depan. Asumsi saya, model kapal ini resmi dirilis oleh Royal Canadian Navy sendiri.

Secara keseluruhan, saya menghabiskan waktu satu jam untuk menyelesaikan model ini. Perakitan badan kapal perlu perhatian khusus, karena apabila satu bagian fuselage tidak firm maka akan merembet ke bagian belakang. Setelah model kapal ini jadi, saya tidak lantas mengolesi bagian dasar kapal dengan lapisan anti bocor. Saya cukup sadar untuk tidak melakukan wet test pada model MCDV ini.

Material    : Kertas Karton eks amplop
Kesulitan   : 3/5
Sumber      : www.papercraftsquare.com

Cipayung, 4 Juni 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...