Selasa, 29 November 2016

ABG (Adaptif Besar Gesit)

Saya mendapatkan buku ini sebagai kenang-kenangan dari PT. GMF AeroAsia (GMFAA). Setahun lebih buku ini hanya jadi penghias di meja kerja saja. Beberapa minggu yang lalu saya membuka kembali buku ini. 

Courtesy: defora.info
  
Ekspektasi saya waktu itu cukup besar, saya berharap menemukan konten yang mirip buku "Change!" dari Rhenald Kasali. Ada beberapa contoh tentang transformasi dan implementasi perubahan pada organisasi, secara struktural, konseptual, dan habitual. Buku ini cukup unik karena merupakan suatu karya kolaborasi antara Consulting Firm dengan kliennya.

Harapan saya diawal tadi ternyata tidak terlampau jauh, buku ini mengcover bagaimana strategi GMFAA dalam menyambut dan merebut peluang bisnis yang amat besar dengan berbagai praktek implementasi transformasi. Tentunya, konten semacam ini masih berkaitan erat dengan perubahan atau turnaround suatu perusahaan. Lebih jauh, hal ini diperlukan untuk memastikan eksistensi dan sustainity dari suatu perusahaan ditengah kondisi pasar yang terintegrasi, konvergensi teknologi digital, perkembangan e-commerce, dan hadirnya kekuatan baru knowledge economy.

Membaca judulnya saja, buku ini menyiratkan segenap usaha GMFAA untuk semakin adaptif dengan bisnis dan pasarnya, semakin besar menjadi market leader, dan semakin gesit mengantisipasi tantangan serta menyambut peluang.

Terus terang, untuk genre manajemen dan bisnis, buku ini cukup lengkap tapi sedikit membosankan. Membosankan karena pengulangan istilah-istilah yang sama dan terus menerus, hal baiknya adalah denganr epetisi ini diharapkan para eksekutif di segmen pembaca dapat memahami dan mengerti proses transformasi perusahaan, sejak mulai perencanaan, eksekusi, implementasi, dan evaluasi.

Judul      : Adaptif Besar Gesit
Penulis   : Hendrik Lim, MBA
Penerbit  : Defora Publisher
Tahun     : 2013
Tebal      : 299 hal.
Genre     : Bisnis & Manajemen
 

Medan Merdeka Barat, 20 November 2016.






Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...