Rabu, 28 Desember 2016

Pak Harto, Pak Nas, dan Saya

Courtesy: www.goodreads.com


Catatan pengalaman seorang dokter kepresidenan ini adalah sebuah memoar autobiografi dengan cara penulisan yang sederhana namun mengesankan. Mengandalkan kekuatan memori, dr. Frits August Kakiailatu membagi kisah-kisahnya. Tidak hanya terbatas pada tugasnya sebagai dokter kepresidenan tetapi juga banyak cerita lainnya, semisal kisah masa kecilnya, masa sekolah di Universitas Indonesia, panggilan masuk kemiliteran, semuanya dengan runut diceritakan. Gaya semacam ini mengingatkan saya pada serial 'Petite Histoire' karya Rosihan Anwar.

Pembacaan buku ini begitu mengalir dalam episode-episode penting kehidupan dr. Frits. Ia seakan menulis sembari membayangkan dirinya berbicara langsung pada pembacanya. Tentang bagaimana opininya dalam menganalisa kasus pasien anonim yang ternyata Pak Harto, bagaimana mula 'perselisihan' dirinya dengan tim dokter dari RSCM kala menangani kembali Pak Harto, pun cerita tentang pengalaman kedinasannya di TNI AL hingga mampu meraih beasiswa untuk belajar Urologi di negeri Belanda.

Saya tertarik pada buku ini karena judulnya. Tidak main-main, seorang dokter menjadi saksi hidup dalam keterlibatannya dengan dua tokoh penting dalam sejarah republik. Pak Soeharto dan Pak Abdul Haris Nasution, keduanya adalah Jenderal Besar TNI. Tentu, ada muatan yang ingin disampaikan dari dokter yang juga anggota Sosietat Urolog Internasional ini mengingat persentuhannya dengan kedua tokoh tersebut. dr. Frits memberikan segalanya dalam buku ini. Agaknya tidak berlebihan, karena beliau menulis juga pengalaman-pengalaman lain soal kemanusiaan selama ia bertugas menjadi urolog. Ia pun tidak melupakan almamaternya dengan mengangkat Paguyuban EGA yang selalu menjadi bagian dari dirinya.

Memoar singkat dokter kelahiran Magelang, 17 Juli 1936 ini mendedikasikan karyanya sebagai kisah bukti perjuangan untuk maju dan menceritakan jerih payah dalam pengalaman; sebagai contoh pembelajaran bagi kita semua. Memoar sederhana ini juga menepis mitos bahwa seorang dokter adalah manusia penting dan maha tahu yang dapat menentukan hidup-mati pasiennya. dr. Frits mengajarkan kita semuanya, tanpa basa-basi.

Judul           : Pak Harto, Pak Nas, dan Saya
Penulis        : Frits August Kakiailatu
Penerbit      : Penerbit Buku Kompas
Tahun          : 2014
Tebal           : 156 hal.
Genre          : Biografi-Memoar


Cipayung, 25 Desember 2016

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...