Selasa, 28 Februari 2017

Base Jam Reunion

Sumber gambar: www.joox.com
 
 
Awalnya
 
Saya tidak pernah tahu bahkan dapat kabar sekalipun tentang album reuni Base Jam ini. Entah karena saya memang nggak update atau memang hanya menaruh perhatian pada reuni The Groove. Entahlah, yang jelas saat album 'Base jam Reunion' ini tercantum dalam daftar album di in-flight entertainment GA110, saya merasa ada sesuatu yang terlewatkan.
 
The Album

Album ini memang bukan sesuatu yang baru. Tapi bila mengartikan judulnya, maka jelaslah bahwa album baru hasil reuni ini didedikasikan bagi fans mereka. Kemunculan Base Jam di acara Musicpedia Trans7 juga semakin menguatkan anggapan bahwa album reuni ini bakal terlaksana seperti sekarang.

Tidak ada materi yang baru dari lagu-lagu dalam album ini. Dua lagu recycle yaitu "Jatuh Cinta" dan "Rindu" pun hanya mengalami aransemen ulang ditambah dengan lantunan vokalis baru mereka. Keduanya terdengar lebih soft dan ringan. 

Untuk fans Base Jam generasi 90-an yang mengalami masa emas mereka, tentu hal ini sangat menyenangkan namun sekaligus juga agak 'mengganggu'. Menyenangkan karena kreativitas mereka masih ada namun 'mengganggu' karena ekspektasi/harapan subjektif setiap fans, seperti saya.

Album ini sendiri menurut saya sudah berhasil merangkum segalanya tentang Base Jam. Kumpulan lagunya pun berhasil menceritakan perjalanan karir band yang terbentuk pada 15 Januari 1994 ini. Lagu-lagu hits seperti Bermimpi (1996); Rindu, Jatuh Cinta (1997); Bukan Pujangga (1998); Menanti Bintang Jatuh (2000); Takkan Berpaling Cinta, Maaf Ku Tetap Mencintaimu (2001); Hujan Tanpa Awan, Denganmu Tanpamu (2002); dan Sayang (2010).

Saya sangat menikmati album ini. Apalagi, kehadiran Base Jam sejak awal sudah menarik perhatian dengan formasi dua vokalis dan seorang bassist perempuan. Suatu hal yang tidak biasa pada zaman itu. Andaipun boleh memberi komentar, daripada membuat versi recycle "Jatuh Cinta" dan "Rindu", lebih baik menambahkan lagu lain seperti "Bukan Yang Terindah" yang lebih kekinian, "Adik Kecil" atau "Radio". Walaupun nantinya tracklist album ketiga mereka 't3ga'  jadi lebih banyak.

Anyhoo, Base Jam is back. Selamat menikmati!

Cipayung, 20 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...