Senin, 27 Februari 2017

Worldcupedia 1930-2022

Sumber gambar: buku.kompas.com

Saya tidak pernah tahu bahwa ada  sebuah kumpulan tulisan bersifat dokumentatif yang mengulas soal Piala Dunia. Piala Dunia sepakbola dibawah asuhan FIFA, tentunya. Mengagumkan, memang. Apalagi, didukung oleh berbagai sumber dari Tabloid Bola. Tabloidnya penggemar sepakbola. Dari sisi Tabloid Bola sendiri, saya hanya tahu publikasi mereka berupa komik serial 'Sepakbolaria' kemudian komik 'Si Gundul' yang mewakili narasi komik di berbagai bidang olahraga.
 
Buku berukuran 14 inci ini mengulas banyak hal mulai dari latar belakang penyelenggaraan piala dunia hingga update terakhir mengenai terpilinya Qatar sebagai tuan rumah kejuaraan untuk tahun 2022. Menarik sekali untuk mengetahui mengapa Piala Dunia pertama diselenggarakan jauh-jauh di Uruguay. Bukan di tanah kelahirannya di Eropa sana.
 
Sepakbola dunia juga ikut merasakan gegap-gempita perang dunia yang mengubah konstelasi geopolitik dunia. Perang Dunia I dan Perang Dunia II tidak membawa sebab yang sedikit bagi perkembangan sejarah Piala Dunia. Simaklah bagaimana Italia berhasil menjadi Juara Dunia dibawah diktator Mussolini, hingga empat tahun kemudian berhasil menjadi jawara kembali.
 
Modernitas sepakbola makin terasa kala Inggris menjadi tuan rumah sekaligus menjuarai PIala Dunia tahun 1966. Sejaka saat itu, selalu ada saja drama di lapangan hijau yang menjadi kenangan setiap piala dunia. Rivalitas Jerman Barat-Belanda yang tidak pernah berakhir; Legenda bernama Pele, Mario Kempes, Maradona, Beckenbauer, Romario, Zinedine Zidane, Ahn Jung Hwan, dan Phillip Lahm lahir di pentas dunia; Drama gol Geoff Hurst yang dibayar Jerman di Piala Dunia 2010, Kegagalan penalti Roberto Baggio, Sundulan Materazzi ke dada ZIdane, Kedigdayaan Spanyol, dan ganasnya Der PAnzer di Brazil 2014 adalah suguhan yang tidak mungkin mudah dilupakan.
 
Ensiklopedia ini tampil dengan sampul tebal dan halaman berkertas glossy. Seakan ingin menampilkan glamoritas gelaran Piala Dunia. Bagaimanapun, sepakbola tidak hanya soal kemenangan. Lebih dari itu, sepakbola adalah gairah. Gairah menuju pencapaian jiwa, menang kalah soal biasa.
 
Judul        : Worldcupedia: Ensiklopedia Piala Dunia 1930-2022
Penulis        : Adi Prinantyo [et.al]
Penerbit    : Penerbit Buku Kompas
Tahun        : 2014Tebal        : 216 hal.
Genre        : Sejarah-Sepakbola
 

Cipayung, 10 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...