Minggu, 27 Oktober 2013

Blogging and Me

Seperti layaknya Sastra, Buku, ataupun Musik, Blogger pun memiliki hari jadinya. Hari Blogger Nasional dicanangkan pada 27 Oktober 2007 pada acara Pesta Blogger oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh. Eksistensi blogger setidaknya telah mendapat pengakuan dari pemerintah. Dengan demikian, para penulis blog bisa lebih leluasa dalam menggunakan kreativitas dan memanfaatkannya  melalui media blog yang dipunyainya.

Blog pertama yang saya buat adalah alhakamidium.wordpress.com pada tahun 2006. Blog ini dibuat awalnya dibuat khusus untuk memuat posting soal materi kuliah dan segala aspek/bidang lain yang berkaitan dengan keilmuan. Saya tidak rutin menulis, hanya ketika ada materi-materi yang perlu diterbitkan saja dan bermanfaat bagi teman-teman kampus saja. Saya memanfaatkan keajaiban Google supaya mereka bisa mendarat di blog yang saya tulis.

Tahun 2008, usai lulus kuliah saya merasa harus mulai rutin menulis sesuatu. Oleh sebab itu, Agustus 2008 terbit tulisan pertama saya di blog yang baru: selendangwarna.blogspot.com . Blog yang saya buat untuk menampung segala macam ide atau lebih tepatnya dokumentasi pikiran. Saya menulis apa saja. Mulai dari sekedar catatan harian, cerita pendek, esai, resensi buku, musik, film, hingga review berbagai acara yang saya ikuti. Mengenai nama blog ini, akan saya ceritakan lain waktu.

Maret 2010, saya bergabung dengan portal Kompasiana, sebuah media citizen journalism. Tulisan yang saya kirim di halaman ini berasal dari blog Selendang Warna. Jadi, proses menulisnya hanya sebatas rewriting. Saya menemukan interaksi yang lebih dinamis di Kompasiana.

Apa yang saya dapat dari dari blogging?



Saya percaya bahwa setiap tulisan yang saya tulis dalam blog akan menemui pembacanya sendiri. Entah cepat atau lambat. Entah melalui kata kerja dalam mesin pencari atau lewat profil penulis blog itu.

Suatu hari di tahun 2007, sepulang dari Prancis, Dosen saya pernah heran karena ia menemukan ide dan bahan untuk tugas esai kuliahnya melalui blog saya (alhakamidium). Ia merasa telah jauh pergi setengah belahan bumi hanya untuk ‘bertemu kembali’ dengan saya. Hal ini menjadi motivasi saya untuk terus menulis blog. Saya menjadi semakin yakin bahwa apapun yang kita tulis dalam blog tidak akan sia-sia. Setiap tulisan punya pembacanya sendiri.

Piala Dunia 2010, saya ikut berpartisipasi menyemarakkan sebuah rubrik khusus di Kompasiana. Tulisan itu juga saya posting ke blog Selendang Warna. Suatu pagi, saya menerima email yang menanyakan kesediaan saya untuk diwawancara. Email itu datang dari seorang reporter liputan Piala Dunia 2010 dari RCTI. Saya tidak percaya bahwa saya mengalami hal yang demikian hingga saya benar-benar shooting dan liputannya ditampilkan di acara Buletin Siang. (Thank you, Mbak Windy and Crew).

Melalui blog juga saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti One Day Creative Writing Workshop bersama @_PlotPoint Kreatif, sebuah penerbit buku. Sebagai hadiah atas cerpen yang saya ikut lombakan dalam kompetisi menulis cerpen mingguan. Saya mendapatkan bimbingan singkat soal penulisan kreatif oleh @hikmatdarmawan dan @GinaSNoer. Nama yang pertama disebut, sudah saya kenal saat proses penulisan skripsi (Maret 2008).

Terakhir, resensi saya soal Blackjack,buku terbaru Clara Ng dan Felice Cahyadi, terpilih sebagai Resensi Pilihan Gramedia edisi 20 Agustus 2013. Akibatnya, saya bisa berkomentar langsung pada kedua penulisnya pada launching Blackjack 4 September kemarin.

Pengalaman lain yang saya dapat dari blogging adalah interaksi langsung dengan penulis favorit saya. Setiap selesai menulis review/resensi atas karya mereka, saya selalu memuatnya di blog dan mentautkannya ke twitter lalu me-mention akun twitter mereka. Ada sebuah perasaan yang cukup menyenangkan untuk mengetahui bahwa mereka ikut mengapresiasi apa yang telah kita tulis. Beberapa diantara mereka adalah Adhitya Mulya @adhityamulya, Ninit Yunita @ninityunita, Muhammad Ihsan @ichanx, Ika Natassa @ikanatassa, Dewi Lestari @deelestari, Okke @sepatumerah, Clara Ng @clara_ng, Felice Cahyadi @felicecahyadi, Sitta Karina @sittakarina, Margareta Astaman, Hilman Hariwijaya, Agus Noor @agus_noor, Maggie Tiojakin @maggietiojakin, Icha Rahmanti @cintapuccino, dan Meiliana K. Tansri.

Saat ini, saya sedang mencoba untuk rutin menulis. Untuk blog Selendang Warna, saya mentargetkan untuk menulis 6 post dalam sebulan. Saya anggap ini sebagai latihan menulis. Kendati pun beberapa tulisan sudah menuai hasil, namun saya tetap perlu merutinkan dan mendisiplinkan diri. Saya perlu mengasah rasa. Hasil yang sudah saya rasakan dari latihan seperti ini adalah kesiapan ketika dimina untuk menulis tentang apapun dan kapanpun. Hal ini juga sangat berguna ketika akan mengikuti lomba penulisan.

Sebagai penutup, blogging adalah bukan sebagai kegiatan menulis belaka. Saya sudah menganggap menulis blog sebagai ‘pekerjaan kedua’. Walaupun belum menghasilkan secara materi, namun saya tetap senang ketika tulisan saya sampai kepada pembacanya.

Selamat merayakan Hari Blogger Nasional. Long live Indonesian Blogger!

Pharmindo, 27 Oktober 2013.

1 komentar:

Admin mengatakan...

Selamat Hari Blogger :)
Kiranya mas berkenan mengunjungi blog saya :) http://tuaralampung.blogspot.com/

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...