Minggu, 06 Oktober 2013

Mandiri Run Oktober 2013

"Running is the greatest metaphor for life, because you get out of it what you put into it."
- Oprah Winfrey -

Awal Oktober ini saya kembali turun ke jalanan Car Free Day untuk mencoba memperbaiki catatan waktu Sunday Fun Run bulan lalu. Dari rute yang dicantumkan pada web, saya optimis mampu memperbaikinya. Namun, perkiraan saya salah. Rute lari 5K kurang lebih masih sama dengan S4 Run Series #1, dan Sunday Fun Run. Masih melintasi Jl. Sudirman dan berputar di Semanggi. Ah, saya selalu kangen pada sensasi lari menanjak dan menurun di Semanggi.


Persiapan untuk lari kali ini terbilang cukup lumayan. Setelah didera hasil tes asam urat yang kembali tinggi pekan lalu, saya mencoba mengalihkan perhatian saya pada pemanasan jelang Mandiri Run. Saya berenang untuk melatih pernafasan di kolam renang hotel yang saya tempati. Tidak terlalu lama, asal sepuluh kali balikan lebar kolam sudah cukup. Saya berlari dua kali. Pertama, mengenang rute lari semasa SMA. Melewati jalanan Pasteur-Sukaraja-Benghar sejauh 4,17 km. Kedua, rute Pasteur-Rajiman-Otten-Pasirkaliki-Pamoyanan-Pasteur sejauh 4,45 km. Dari catatan waktu yang diperoleh, saya dapat menyatakan siap untuk turun dan menjajal rute Mandiri Run.



Lomba hari ini juga adalah debut saya menggunakan ‘ban’ baru. Saya menggunakan sepatu Reebok Crossfit Nano 2.0 yang sebelumnya sudah pernah dites di Kuta Morning Run (17 September 2013) sejauh 3,37 melintasi jalanan Kuta yang masih sepi. Berikut dengan kaos kaki bertuliskan Dri-Fit (huge thanks to Adit for recommending this) dan shorts dari Umbro. Sepatu ini memang lebih ringan dibanding seri Speedstep yang biasa saya gunakan. Saya juga sekaligus ingin mencoba apakah perpaduan Crossfit dengan Dri-Fit ini berpengaruh dalam lomba, karena sirkulasi panas dari sepatu dan kaos kaki ikut berpengaruh pada performa lari keseluruhan. 

Crossfit Goes to Bali
Selepas bendera start dikibarkan, saya merasakan perbedaan yang cukup signifikan dari lomba sebelumnya. Langkah kaki menjadi lebih ringan dengan sepatu baru ini. Sirkulasi panas berjalan dengan baik. Saya pun tidak merasakan panas yang berlebih di bagian telapak kaki. Singkat kata, saya menemukan paduan/kombinasi yang tepat untuk hari ini. 



Kegembiraan saya hari ini bertambah dengan catatan personal best versi Endomondo. Saya agaknya lumayan berhasil dalam memperbaiki catatan waktu walau dengan jarak tempuh yang lebih jauh dibanding sebelumnya. Rasanya, segala persiapan kemarin terbayar lunas hari ini.

Tiis Jaya Runner
OFFICIAL TIMING RESULT powered by MYLAPS

 
Gender: 274/1643 (Male 5K)


Paninggilan, 6 Oktober 2013.

Catatan: Trademarks mentioned in this post belong to their respective owners

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...