Jumat, 30 September 2016

Battle of Los Angeles

Captured and reproduced from www.imdb.com
Agak sulit dimengerti mengapa bumi selalu menjadi incaran makhluk luar angkasa. Khusus untuk film ini, saya memberi catatan bahwa spaceship yang digunakan invader adalah spaceship a la Transformers 4. Entah kebetulan atau tidak, yang jelas kedua spaceship ini mirip. Bedanya, di film ini tidak diperlihatkan bagaimana jeroan, tidak seperti TF4 yang menampilkan aksi heroik penyelamatan Optimus Prime. 

US Marine Corps kembali menjadi fokus dari cerita film ini ketika mereka terlibat misi untuk mengevakuasi warga sipil dari serangan invader yang sudah menguasai daratan Amerika lewat Santa Monica di Los Angeles. Saya memberi perhatian khusus bahwa sekitar lebih dari 70% film ini berisi rentetan suara senjata dan dentuman ledakan bom. Penikmat film action/perang pasti menikmati suasana semacam ini.

Petuah berharga dari film ini adalah kebersamaan, keberanian, dan percaya (trust). Saya mengamati bahwa hampir tidak ada evakuasi yang gagal dilaksanakan. Saya mengharapkan sebuah kejutan macam di film Rambo (entah yang keberapa), ketika John Rambo tidak jadi dievakuasi dari daerah yang dikuasai Vietkong usai membebaskan seorang tahanan. 

Film yang dirilis tahun 2011 ini adalah tipikal film U.S.A. Patriotisme, adalah jargon utamanya. Barangkali, memang ada hubungannya dengan propagandanya sebagai global peacemaker or peacekeeper. Memang tidak terhitung sudah berapa film yang mengisahkan pertempuran tentara AS. Entah itu melawan tentara betulan yang berwujud manusia atau karakter fiksional, semacam alien atau malah meteorit. I dont know, but they seem against everything that threat their interest.

Judul          : Battle Los Angeles
Sutradara   : Jonathan Liebesman
Pemain      : Aaron Eckhart, Michelle Rodriguez, Bridget Moynahan, Neyo
Produksi    : Columbia Pictures
Tahun        : 2011
Genre        : Action

Cipayung, 25 September 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...