Jumat, 30 September 2016

Belajar Membaca Weather Information






I'm looking for a complication...
Looking cause I'm tired of trying...
Make my way back home when I learn to fly high...
Foo Fighters - Learn to Fly (1999)


Ada alasan kenapa saya perlu menulis catatan ini disini, dalam blog yang searchable dan customizable. Selain mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi orang lain, catatan ini juga sebagai penanda atas segenap ketidakbisaan saya. 

Personally, reading and defining weather report is my biggest weak (and problem). Saya hanya menghadiri kelas selama 1 hari saja dari jadwal yang seharusnya 4 hari, khusus untuk subject Meteorology dalam Ground Class FOO. Bukan disengaja, namun kelahiran Aldebaran mengharuskan semuanya jadi demikian. Saya bersyukur bahwa Aldebaran dan Ibunya sehat dan selamat.

Back to the topic, membaca laporan cuaca berupa raw data dalam format penulisan METAR dan TAFOR memang butuh penafsiran dan cara membaca yang khusus. Beruntung, seorang kawan menyarankan saya untuk belajar lewat buku tipis terbitan dari FAA (Federal Aviation Administration). Buku berjudul "General Aviation Pilot's Guide to Preflight Weather Planning. Weather Self-Briefings, and Weather Decision Making" ini tebalnya hanya 35 halaman. Terhitung tipis namun pendekatan yang digunakan untuk menganalisis laporan cuaca straight-in into subject.

Pemahaman yang baik tentang fenomena cuaca tentunya berpengaruh sebagai upaya mitigasi dalam menanggulangi hazard, khusus untuk hal ini adalah natural hazard berupa weather. Pilot dan FOO/Dispatcher pun mampu belajar untuk mengukur resiko penerbangan dari analisa fenomena cuaca. Karena memang buku ini diterbitkan sebagai advisory bagi masyarakat penerbangan di Amerika Serikat, tentu pengetahuan tambahan tentang operasi penerbangan General Aviation disana turut membantu pembaca dalam merencanakan perjalanan penerbangan yang aman dan selamat.

Buku tipis ini memberi pemahaman yang lebih mudah dimengerti lewat pembagian fenomena cuaca dengan tabel bantu. Tidak hanya itu saja, walaupun buku ini intended to General Aviation which is in Indonesia ditafsirkan sebagai penerbangan pesawat kecil (charter, perintis, atau non-komersial); pelajaran mengenai briefing dan planning dapat diterapkan juga pada praktik operasional harian dari penerbangan komersial berjadwal dan tidak berjadwal sekalipun. Learn and get the substances.
 
Jika pembaca berminat, publikasi terbitan FAA tersebut bisa didapatkan dari link berikut: GA Weather

Selamat belajar.
 
 
Cipayung, 29 September 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...