Jumat, 30 September 2016

Slowmotion: Third Eye Blind

Mrs. Jones taught me English, but i think i just shot her son...

 

Sejak menjadi fans dari Third Eye Blind gara-gara album 'Blue', ada semacam pertanyaan mengapa pada album ini hanya pada lagu 'Slowmotion' yang tidak diberi lirik. Hal ini menggiring saya ke warnet untuk segera menemukan liriknya. 

Memang liriknya banyak berseliweran di laman penyedia lirik. Waktu itu (2001) saya tidak begitu paham dengan liriknya. Namun, satu atau dua clue dari lirik itu sudah membuat saya mengambil kesimpulan bahwa alasan tidak adanya lirik pada cover kaset yang diedarkan di Indonesia adalah karena explicit content.

Lain halnya dengan ketika saya mengunduh (bajakan, tentunya) copy dari album yang sama namun ripped from US market CD. Kalau pada kaset edisi Indonesia, hanya tidak ada liriknya saja, pada versi digitalnya justru hanya ada instrument saja. Tidak ada lengking vokal Stephen Jenkins. Saya sungguh kecewa karena 'Slowmotion' memang easy listening. Dengan atau tanpa menghiraukan maksud dari liriknya.
 
Belakangan, saya masih penasaran dengan seperti apa video klip dari lagu ini. Thanks God, they have their own channel on Youtube. Pada laman tersebut, Stephen Jenkins dengan gagah membawakan lagu ini hanya bersenjatakan gitar elektrik dihadapan fans fanatik 3EB. Terlihat sekali bagaimana para fans ikut menyanyi bersama dan semakin membuat lagu ini menjadi soulful.
 
Saya masih belum tahu alasan dibalik perbedaan antara pasar Indonesia dengan Amerika sana. Apakah dengan alasan explicit content tadi 3EB urung atau dilarang untuk memainkan lagu ini. Atau malah pasar musik di Indonesia ini diasumsikan sebagai pasar yang "nrimo". Tentunya, kedua hal ini masih hipotesis sementara yang masih terbuka dan hanya bisa dibantah oleh penelitian yang intens dan mendalam.

Cipayung, 26 September 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...