Sabtu, 29 April 2017

Untuk Indonesia yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin


Sumber gambar: www.goodreads.com

Berawal dari sebuah promo di twitter, saya mendapatkan buku ini dengan harga yang lumayan murah. Diatas rata-rata diskon toko buku online. Sebagai bagian dari kelas menengah (cieee...)-mengacu pada kriteria yang disebutkan dalam buku ini- saya ingin tahu bagaimana perencanaan keuangan yang baik. Terlebih, penulisnya sendiri adalah seorang financial planner berpengalaman, Ligwina Hananto @mrshananto, yang pernah mempunyai acara radio khusus untuk subjek financial planning. Belakangan, @mrshananto juga pernah muncul juga di televisi membawakan acara dengan tema serupa.

Saya rasa penting bagi kita untuk mulai “menyelamatkan” keuangan pribadi. Kondisi ekonomi di Indonesia yang sering tidak menentu namun ddidorong pula oleh “kekuatan” kelas menengah yang konsumtif, maka asumsi investasi bukan lagi hal yang tabu dan menakutkan untuk dijalani secara pribadi. Niscaya, buku ini menjadi panduan awal tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi. 

@mrshananto menyediakan guidance atau clue dengan tajuk 100 hal yang perlu dilakukan untuk tidak miskin. Dengan kata lain, petunjuk-petunjuk itu adalah bagaimana menjadi kelas menengah yang berdaya. Terutama dari sisi finansial. Dimuat dalam flipcard yang mudah untuk dibawa, memudahkan siapapun untuk membawanya kemana saja untuk jadi pengingat tentang 100 hal tersebut.

Walaupun penghasilan pas-pasan, tapi yang namanya perencanaan keuangan itu tetap diperlukan. Somehow, refer to term 'kelas menengah' or middle-class, buku ini adalah guidance material untuk melakukan perencanaan keuangan sebaik mungkin. Termasuk cara menjalani siklus keuangan seperti yang telah direncanakan.

Kekuatan kelas menengah yang sanggup mempertahankan Indonesia dari goncangan krisis ekonomi adalah pertanda sebuah kekuatan lain yang muncul di Indonesia. Fenomena yang berdampak langsung pada sektor keuangan ini secara tidak langsung ikut mempengaruhi sisi kehidupan lainnya. Dengan demikian, bila golongan kelas menengah ini mampu mempertahankan dirinya sendiri maka secara tidak langsung juga berimbas pada sekala ekonomi yang lebih luas. Patut dibaca, oleh kita para kelas menengah ini, biar #kelasmenengahngehe sekalipun.

Saya tidak menganggap buku ini seperti novel yang harus dibaca tamat dari awal sampai akhir. Karena sifatnya yang guidance material, maka saya membaca subjek-subjek tertentu saja. Sampai akhirnya saya tersadar bahwa buku ini belum saya pahami sepenuhnya. Oleh karena itu, hingga tulisan ini naik cetak saya masih terus membacanya, sekedar meyakinkan bahwa dari 100 hal itu ada satu atau beberapa hal yang benar-benar saya lakukan. Selamat belajar.

Judul          : Untuk Indonesia Yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin
Penulis       : Ligwina Hananto
Penerbit     : Literati
Tahun        : 2010
Tebal         : 240 hal.
Genre        : Perencanaan Keuangan


Cipayung, 19 April 2017.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...