Kamis, 10 Mei 2012

Life Stage Delight, Delighting You Always

Time's passing by... Good Song may go, but 'Memorable Song' will stay

Tidak banyak musisi negeri kita yang mau menuliskan kisah perjalanan hidup mereka selama menjalani profesi ini. Kebanyakan masih menggunakan karya-karya musik mereka sebagai medium untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada publik. Hal ini adalah pengecualian untuk Syaharani. 


Seperti pada judul, dalam buku yang ditulisnya ini, Syaharani tampil terbuka dan blak-blakan soal pengalamannya di dunia entertainment. Pembaca diajak untuk melihat lebih dalam pada proses-proses yang dialami seorang musisi dalam menampilkan karyanya. Pengembaraan itu melibatkan bermacam unsur yang terkait dan saling mengisi dalam konteks musik dan entertainment yang dituturkan secara personal sehingga terkesan lebih akrab.

Penuturan Syaharani dalam buku ini tampak lebih enjoy dan santai. Tidak seperti "Living in Harmony” yang ditulis oleh Fariz RM. Walaupun sama-sama memiliki kekuatan nilai personal dan kontemplatif tetapi tulisan-tulisan Syaharani terasa lebih ringan. Bila Dewa Budjana menuliskan gitar sebagai hidup dan kekasihnya, maka Syaharani menampilkan perpaduan antara teknik vokal dan pengemasan suatu karya musik sebagai sebuah penampilan yang utuh. Mulai dari penciptaan lirik, tata panggung, tata rias, hingga stage performance. Kombinasi dari kesemuanya itu menghadirkan suatu cara pandang dalam bermusik yang bermanfaat praktis.

Berbagai pengalaman yang dituangkan Syaharani dalam bukunya ini memberikan wawasan utuh untuk menjadi seorang true performer. Syaharani mengupas secara detil hal-hal yang wajib diketahui oleh seorang penyanyi. Simak penuturan Syaharani tentang pentingnya membangun komunikasi dengan audiens. Syaharani dengan lugas menceritakan detil bagaimana menghandle playlist lagu agar mampu blending dengan ambien penonton, menghadapi uneventual things menjelang tampil, hingga persoalan tetek bengek make-up. Secara konstan Syaharani mengulang-ulang tips untuk tune in dengan suasana panggung. Serial tulisan To The Party, memberikan gambaran yang jelas dan membagi tips praktis bagi siapa saja yang ingin belajar pengalaman menyanyi di panggung. Entah itu penyanyi kawakan atau amatiran sekalipun.

Belajar dari pengalaman adalah guru terbaik. Melalui buku ini, Syaharani membagikan pengalaman praktisnya kita tidak demam panggung. Entah itu di panggung kecil, panggung besar, atau malah di panggung kehidupan.

 
Judul          : Life Stage Delight: Buka-bukaan Soal Entertainment
Penulis       : Syaharani
Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama
Tahun         : 2008
Tebal          : 219 hal.
Genre         : Memoar-Musik
 

Curug, 9 Mei 2012.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...