Minggu, 09 Februari 2014

Princess, Bajak Laut, & Alien

"Sebab ingatan yang terjebak adalah waktu yang berjalan mundur."
(Princess, hal. 68.)

Sebuah pengalaman yang meregang batas antara fiksi dan realita. Bloody imaginative. Mistis tapi fantastis. 

Begitulah kesan yang saya dapatkan dari buku kolaborasi kedua Clara Ng dan Icha Rahmanti ini. Sepintas, saya pikir plotnya akan mirip seperti Pintu Harmonika, karya mereka sebelumnya. Bisa dilihat dari tiga tokoh utama (main character) di halaman sampul belakang. Namun, permainan plot disini lebih dinamis. Pembaca dibuat harus membebaskan imajinasi saat membaca tiga kitab disini. Kitab Princess, Kitab Bajak Laut, dan Kitab Alien.

Kitab pertama dan terakhir penuh dengan tuturan imajinatif dalam jagad tanpa batas. Cerita-cerita yang hanya terjadi dalam dunia khayal hadir dalam bentuk yang nyata dan malah jadi semacam permainan antara fiksi dan realita. Kitab kedua, Kitab Bajak Laut lah yang justru sangat dekat dengan keseharian dan realita kehidupan nyata. Cerita didalamnya menunjukkan alur perjalanan hidup seorang manusia. Mungkin saja, seseorang di dunia ini pernah mengalami hal yang demikian. Agaknya, itulah yang membuat kitab kedua tampil manusiawi.

Personally, saya suka bagaimana penulisnya membuat ending cerita. Itu bukan hal yang mudah karena harus menyambungkan benang merah dari setiap lompatan alur cerita. Rasanya seperti dalam film 'Click' (Adam Sandler, Kate Beckinsale; 2006) ketika tahu Troy terbangun setelah tidur selama tiga jam. Mirip Adam Sandler yang terbangun kaget dan mendapati dirinya di atas kasur dalam sebuah toko.

Harus diakui, kolaborasi penulisan antara Icha Rahmanti dan Clara Ng mewujudkan sebuah kisah yang fantastis. Keduanya mampu menulis cerita yang tidak terbatas pada dunia anak-anak saja. Kaum remaja, dan dewasa pun bisa mengikutinya tanpa harus memperolok diri mereka sendiri bahwa mereka menikmati sajian yang demikian. Kekuatan latar belakang bacaan mereka masing-masing serta didukung data riset dan fakta menjadikan siapapun yang membaca buku ini ibarat tersedot kaleidoskop, larut dan terhanyut ke alam dunia didalamnya.

Judul          : Princess, Bajak Laut, & Alien
Penulis       : Clara Ng & Icha Rahmanti
Penerbit    : Plotpoint Publishing
Tahun        : 2013
Tebal         : 347 hal.
Genre        : Novel-Fantasi/Fiksi Ilmiah


Paninggilan, 9 Februari 2014.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...