Rabu, 30 Juli 2014

Nasihat Untuk Ananda

Suatu sore, saya menemukan buku ini diantara rentetan buku-buku soal pernikahan. Membaca nama penulisnya, sudah terbayang bahwa buku ini akan jadi buku kecil yang sarat muatan pesan. Sepintas, nampak seperti karya normatif seorang ulama dan penasihat agama. Tetapi, jika dikaji lebih dalam seolah merepresentasikan kehidupan keluarga yang dibangun dan dijalaninya setiap hari. 


KH Miftah Faridl menjelaskan pengertian-pengertian serta ilustrasi untuk mewujudkan keluarga yang sakinah-mawaddah-warrahmah sebagai satu siklus yang utuh. Diawali dengan sebuah pemikiran tentang mengapa harus sakinah, memelihara kenyamanan keluarga, hingga membentuk keluarga sakinah.

Bab selanjutnya adalah perihal mendidik anak. Penulisnya seperti sengaja memberikan clue soal petunjuk mendidikan anak sejak dini, lengkap dengan tingkatan umurnya. Mulai dari masa kehamilan hingga masa kelahiran. Pendidikan anak pascalahir sampai usia 12 tahun pun tidak luput. Semakin lengkap dengan beberapa insight mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan keagamaan anak dan hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam mendidik anak.

Awalnya, buku ini memang disiapkan untuk kenang-kenangan tasyakur pernikahan putrinya. Namun, setelah melalui beberapa perenungan, akhirnya buku ini diberi judul “Nasihat Untuk Ananda” ketika sampai di tangan pembaca.

Untuk saya sendiri, sebagian besar nasihat dalam buku ini bagaikan sebuah khutbah nikah. Dengan tambahan beberapa contoh pengalaman dalam kehidupan rumah tangga kemudian menjadikannya berbeda. Tidak berbeda dari apa yang disampaikan penulisnya sendiri dalam pengantar buku. Buku ini merupakan kumpulan pesan seorang ayah yang memiliki kewajiban untuk menuntun anaknya ke pelaminan. Nasihat-nasihat ini diberikan sebagai bentuk kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Nasihat bijak yang sangat diperlukan seorang anak yang akan mengayuh bahtera rumah tangga. Secara psikologis, diharapkan nasihat –nasihat itu akan menenteramkan sang putera.

Melalui buku ini, siapapun dapat belajar dari pengalaman orang lain, tentang bagaimana memilih pasangan ideal, menelusuri kewajiban-kewajiban yang mengikat suami-istri, atau tentang penyelesaian masalah yang biasa dihadapi keluarga. Semuanya sulit ditemukan dalam buku-buku ilmiah manapun. Ia ada pada buku raksasa yang disebut kehidupan.

Judul        : Nasihat Untuk Ananda: Pesan-pesan Cinta Untuk Pengantin
Penulis     : K.H Miftah Faridl
Penerbit    : Mizania
Tahun       : 2013
Tebal        : 135 hal.
Genre       : Agama Islam-Pernikahan
 


Pharmindo, 30 Juli 2014.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...