Kamis, 26 Mei 2016

Perkara Paling Najis Sedunia


Courtesy: www.pengenbuku.net
At first, membaca judulnya, saya pikir buku ini adalah buku fikih populer untuk remaja atau dewasa. Ternyata saya salah. Buku ini dikhususkan untuk anak-anak, terutama pada usia mulai belajar sholat. Sebelum pelajaran mendirikan sholat, biasanya pelajaran mengenai Bab Thoharoh dan Bab Istinja (bersuci) lebih dulu diberikan. Emblem ‘Fakta dan Fikih’ yang ikut menempel pada judul buku ini turut memberi keyakinan pada orang tua bahwa anak-anak sudah mulai harus belajar memahami apa itu najis dan bagaimana cara menyucikannya.

Pelajaran-pelajaran dalam buku ini mengajak anak untuk memahami pengertian najis. Lalu, tingkatan najis itu bagaimana, apa-apa saja. Kemudian cara membersihkannya seperti apa. Tidak ketinggalan, fakta-fakta seputar najis itu sendiri menjadi materi yang tidak terpisahkan. Misalkan saja, apa itu air seni, ciri air seni yang sehat, apa itu darah, bagaimana proses pembentukan faeses, hingga bagaimana cara orang zaman dahulu membuang kotorannya.

Buku anak tentu tidak pernah lepas dari ilustrasi. Ilustrasi buku ini cukup representatif sesuai dengan tema pernajisan. Namun, saya sarankan untuk para orang tua agar mempersiapkan pengajaran buku ini 1 atau 2 jam setelah makan. Mengapa? Sila lihat sendiri saja bagaimana ilustrasi didalamnya. I would give PG Rating (Parental Guide) for that.

Sudah saya tulis diatas bahwa pelajaran mengenai pernajisan sangat penting sebelum melangkah menuju pelajaran sholat. Ilmu pernajisan tingkat dasar ini sangat penting untuk dikuasai sejak dini. Hal ini tentu saja untuk menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan anak untuk bersuci.

Menurut saya, buku ini sangat menarik untuk dipahami juga oleh para orang tua, sebagai usaha untuk merefresh atau recurrent pengetahuan kita tentang basic pernajisan. Namun, tentunya kita para orang dewasa ini sudah tentu harus paham tentang benda-benda lain yang bisa digunakan untuk bersuci, misalnya. Sehingga, beberapa hal yang belum sempat tercantum bisa kita benahi sebagai bekal anak-anak kita.

Akhirul kalam, basic ilmu pernajisan dalam buku ini sudah cukup. Tinggal bagaimana para orang tua mengajarkannya kepada anak-anak. Sehingga, anak-anak menjadi paham dan terbiasa untuk menyucikan dirinya.

Judul     : Fakta dan Fikih Tentang Perkara Paling Najis Sedunia
Penulis  : Dewi Cendika
Penerbit : DAR! Mizan
Tahun     : 2013
Tebal      : 98 hal.
Genre     : Agama Islam-Fikih Populer

Cipayung, 19 Mei 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...