Selasa, 24 Mei 2016

Seacraft #1: SV2 Sea Carrier

Terinspirasi dari satu scene di serial Patlabor di episode 34 ketika Divisi 2 menyergap Griffon dan Triple S dan mereka harus menyeberang menggunakan sebuah kapal motor, saya kembali ke hobi lama yang sempat saya tinggalkan. Papercraft modeling. Entah, hobi akan saya tinggalkan sampai kapan bila saya tidak kembali membuat model kertas ini. 

Courtesy: Kido Keisatsu's Youtube Channel

Sebenarnya, ide ini mulai muncul ketika Ingram 2 datang, dimana akhirnya saya bisa memasangkan Ingram 1 dengan rifle yang ada di paket Ingram 2. Mirip dengan situasi Ingram 1 yang pertama kalinya dibekali rifle pada saat penyergapan Griffon. Hanya saja, ide itu terlintas kembali di satu hari yang lowong luar biasa.

Desain Awal SV2 Sea Carrier

Sebelum membuat model kapal laut pertama saya ini, saya membaca berita di Kaskus mengenai produk kapal perang PT. PAL yang dikirim ke Filipina. Tiba-tiba saya merasa yakin bisa membuat paper model kapal laut, walaupun hanya bagian haluan depannya saja. Esok paginya, baru saya mulai membuat pola dasar dengan pensil dan penggaris menggunakan kertas dari map yang sudah tidak terpakai. Saya juga mulai browsing untuk melihat pola (pattern) dari model kertas untuk kapal laut sejenis frigate. 

Pattern Modeling
Hasilnya? Lumayan. Potongan pertama untuk bagian alas kapal berhasil dibuat. Saya tambah lapisan bagian samping untuk melihat apakah pola model kapal buatan saya ini setidaknya bisa membuat kapal ini mengapung. Selanjutnya, saya membuat pola landasan untuk bagian badan kapal ditambah ruang kendali. Bagian buritan belakang sengaja saya buka sebagai landasan untuk Ingram atau kendaraan lainnya.

Unfinished SV2 Sea Carrier

SV2 Sea Carrier Unpainted & Unarmed
Model kapal laut ini dibuat tidak mengikuti pattern dari model yang sudah ada. Model carrier ini dibuat berdasarkan perhitungan dadakan as build, not as designed. Anyway, this is my first unscaled and unmodeled papercraft. I enjoyed my time with this model. I’m glad to having and build this special vehicle.

 
Medan Merdeka Barat, 17 Mei 2016.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...