Selasa, 05 Agustus 2008

Rekaman Black Box

Sebelum saya menulis cerita ini saya terlebih dahulu membuka halaman Drs. Google, untuk mencari isu yang lagi hangat di dunia penerbangan indonesia saat ini. Tidak salah lagi, rekaman adam air flight 574 sedang menjadi isu perbincangan.

Saya tidak ingin berkomentar tentang bagaimana pesawat Adam Air dimaintenance oleh para mekanik dan teknisi lulusan PT.DI, tapi justru pada black box yang konon mirip dengan PS2 (warnanya doank kali...)

Black box dalam setiap pesawat terutama Boeing, membutuhkan waktu yang lama untuk dianalisa. Tapi ternyata setelah dianalisa kok malah bocor ke publlik. Seharusnya, isi dari black box apapun itu tetap menjadi top secret pihak-pihak yang terkait (airline, KNKT, Dephub) tapi mengapa bisa tersebar ke Publik? Ini mengindikasikan adanya ketidakberesan dalam penyelesaian suatu kasus. Buat saya ini merupakan hal yang wajar terjadi. Jangankan kasus ini, BIN (CIA-nya Indonesia) kalau mau menangkap suspected terrorists pasti teriak-teriak sampai ke media massa ngumumin kalo targetnya ada di mana, ya jelas saja terorisnya lari duluan. Intel kok teriak Intel.

Masih banyak unek-unek saya untuk kasus Adam Air, mungkin saya sampaikan lain kali saja. Jangan lupa jalan-jalan ke youtube.com untuk lihat si Ngadam Air ini. Atau kalau mau liat monumennya, datang saja ke Bandara Husein Sastranegara di Bandung, ada dua monumen Adam Air disana menggantikan 2 monumen Bouraq yang kini entah dimana.

*Catatan seorang yang mimpi pergi ke Spanyol buat nonton Real Madrid-tapi nggak naik airline Indonesia, kan di banned di Uni Eropa

Bukit Pakar Timur 100, Bandung, 5 Agustus 2008, 11:13

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...